Kekurangan Dan Kelebihan Google Maps Versi Tahun 2015

Dengarkan musik ini sambil membaca berita

Aplikasi peta milik Google "Google Maps" ternyata punya banyak kelebihan dan kekurangan. Google Maps dirilis pada tanggal 13 Desember 2012 oleh Google. Aplikasi ini didukung oleh satelit GeoEye-1 milik Google yang diluncurkan pada tahun 2008 silam. 

 

Saat ini Google Maps telah digunakan oleh lebih dari 64 juta orang di seluruh dunia. Oleh karena itu pastinya hampir semua orang di seluruh dunia mengetahui apa itu Google Maps, Tetapi tidak semua orang mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. 

 

Berikut Newsbangsakita telah merangkum berbagai Kelebihan dan kekurangan dari Google Maps.


Kelebihan Google Maps

  

1. Mempunyai Fitur Unik Dan Tersembunyi

 

 

Google tidak mengganggap penggunanya sebagai user saja, Tetapi Google juga mengganggapnya sebagai partner untuk berkreasi dan berinovasi. 

 

Salah satunya dengan fitur pembuat sketch atau diagram 3D di Google Maps. Kita dapat melakukan ini dengan cara menggunakan software Google yaitu Sketchup dan Building Maker. 

 

Sketchup merupakan software untuk membuat diagram 3D, diagram yang sudah kita buat di Sketchup ini nantinya bisa diupload ke Google Maps. Fitur ini dibuat Google agar kita dapat berkreasi di dalam peta Google Maps, keren kan !. 

 

2. Dapat Digunakan Saat Tidak Ada Internet (Offline)

 

 

Aplikasi peta biasanya memerlukan koneksi internet supaya bisa menjelajahi peta di seluruh dunia. Lain halnya dengan Google Maps, Aplikasi ini bisa menyimpan peta yang kita butuhkan saat keadaan online. Sehingga pada saat kita sedang offline, kita tetap bisa mengakses peta yang telah disimpan tadi.

 

3. Bisa Menampilkan Kondisi Lalu Lintas 

 

Di beberapa tempat di dunia yang sering terjadi kemacetan biasanya sudah dimasukkan ke dalam Google Maps. 

 

Contohnya seperti di Britania Raya, Pada saat kita sedang membuka peta di salah satu jalan di Britania Raya, kita tinggal menekan tombol di pjok kanan atas lalu dengan otomatis Google Maps akan  menampilkan Kondisi lalu lintas di jalan tersebut berupa garis - garis.

 

4. Memetakan Lokasi Terpencil Yang Tidak Terjangkau

 

Aplikasi peta pada biasanya hanya menampilkan berbagai tempat - tempat umum saja. Namun lain halnya dengan Google Maps. Google telah mengutus orang di seluruh dunia untuk memetakan segala tempat diseluruh dunia agar bisa tampil di Google Street View ( Salah satu fitur dari Google Maps ). 

 

Tempat - tempat tersebut bahkan merupakan tempat yang mustahil untuk dikunjungi karena sebagian dari mereka tidak mempunyai akses transportasi sama sekali seperti gunung Everest. 

 

Beberapa tempat mustahil yang telah dipetakan Google adalah : gua bawah tanah, gua Akiyoshi-do, Jepang, dan beberapa gua di Hutan Hujan Amazon.

 

Kekurangan Google Maps


1. Masih Banyak Tempat Yang Belum Dipetakan

 

Meskipun Google telah berhasil memetakan berbagai tempat terpencil di dunia, tetap saja masih banyak tempat yang sama sekali tidak terjangkau. Salah satu contoh paling umumnya yaitu Korea Utara. 

 

Negara ini merupakan negara komunis, sehingga sehebat apa pun Google tetap tidak mungkin bisa masuk untuk memetakan negara ini. Bahkan jika Google tetap memetakannya melalui satelit, pihak Korea Utara pastinya akan langsung memprotes keras Google. 

 

Selain itu beberapa tempat di Amerika yang diduga rahasia juga banyak yang tidak dipetakan. Mungkin pemerintah AS sudah melarang Google untuk melakukannya.

 

 2. Memakan Waktu Lama Saat Loading

 

 

Google Maps dikenal dengan resolusi grafiknya yang sangat tinggi berkat satelit GeoEye-1 milik Google. Namun, segala sesuatu pasti ada saja kelebihan dan kekurangannya. Kelemahan yang satu ini pastinya telah dirasakan semua orang, yaitu lemot saat loading. 

 

Hal ini maklum saja terjadi karena resolusi yang tinggi pastinya mempunyai kapasitas data yang tinggi juga. Satu - satunya cara untuk mengatasinya yaitu menggunakan internet berkecepatan tinggi seperti Google Viber yang telah dijamin kualitasnya.

 

 

Penutup... 

 

Sepertinya hanya itu saja kekurangan Google Maps. Memang produk Google adalah produk Top. Buktinya, kekurangan yang dapat ditemukan jauh lebih sedikit daripada kelebihannya. Jujur saja, saat artikel ini dibuat, sangat susah untuk mencari kekurangannya sedangkan mencari kelebihannya sangatlah mudah. Semoga kedepannya Google tetap terus membuat produk yang inovatif dan bermanfaat.

6 comments: