Penyebab Jatuhnya Hercules TNI AU Medan Menurut KSAU

Dengarkan musik sambil membaca berita


Pesawat Hercules C130 milik TNI AU baru saja jatuh di Jalan Jiming,Medan pada pukul 12.14 WIB. Pesawat ini jatuh menimpa ruko dan tepat bersebelahan dengan hotel Golden Eleven yang juga tertabrak serpihan pesawat setelah meledak di udara. 

 

Pesawat ini lepas landas dari bandara Soewondo di Medan dengan tujuan Tanjung Pinang, namun belum sampai 2 menit terbang pesawat ini sudah terhempas dan jatuh di jalan raya. 

 

total korban tewas mencapai 142 orang yang terdiri dari 12 kru pesawat, 50 penumpang dan sisanya merupakan warga sipil yang berada di lokasi kejadian saat pesawat jatuh.

 

 

Mobil yang tertimpa ekor Hercules C130

Wakil Presiden RI "Jusuf Kalla" mengatakan bahwa pesawat hercules C130 yang jatuh tersebut sudah berusia 50 tahun. 

 

Menurut pihak TNI, walaupun pesawat tersebut sudah tua namun tetap layak terbang dan telah mendapatkan perawatan yang rutin.Sementara banyak orang dan netizen yang berspekulasi bahwa pesawat tersebut jatuh karena sudah terlalu tua dan tidak layak terbang serta tidak mendapatkan perawatan yang rutin.

 

 

Hercules C130 sudah mendapatkan perawatan rutin

Pihak dari KSAU sudah menyatakan dugaan terkuatnya mengenai jatuhnya pesawat ini. KSAU menduga pesawat tidak mempunyai daya yang cukup saat berbelok, spekulasi ini didapat dari pernyataan pihak bandara Soewondo yang sempat menerima informasi dari kapten pilot C130 bahwa pesawat akan kembali ke landasan karena mengalami masalah.

 

Selain kekurangan kecepatan saat berbelok, KSAU juga menduga adanya masalah lain yang terjadi pada pesawat Hercules nahas tersebut, khususnya masalah fisik pesawat yang kemungkinan berhubungan dengan masalah perawatan.

 

 

Hercules C130 yang jatuh di medan

Sampai sekarang proses evakuasi dan penyelidikan masih terus berlanjut. Pihak tim SAR,TNI, dan masyarakat gabungan ikut membantu dalam proses evakuasi yang sangat merepotkan tersebut. 

 

Pihak tim SAR telah menyediakan 3 alat khusus untuk proses evakuasi agar lebih cepat. Evakuasi tetap dilanjutkan pada malam hari dengan menggunakan penerangan. 

 

Semoga saja prosesnya cepat selesai dan kejadiannya tidak terulang lagi.

9 comments:

  1. artikel nya bagus gan,menambah wawasan

    ReplyDelete
  2. emanknya klo pesawat dengan tipe seperti itu tidak ada black box nya ya? biar ketahuan detik2 sebelum pesawat jatuh

    ReplyDelete
  3. hmm berita pesawat jatoh makin banyak aja,, jadi takut naek pesawat nih -_-

    ReplyDelete
  4. Mungkin anggaran militer harus ditambah agar bisa beli pesawat yg lbh baru
    http://tutorial-aide.blogspot.com

    ReplyDelete