Kehebatan Facebook : Menembus Rp 3,34 Kuadriliun Dalam 3 Tahun

Dengarkan musik ini sambil membaca berita

Siapa yang tidak mengetahui jaringan sosial facebook ?, situs sosial yang paling terkenal di dunia ini baru saja menembus nilai saham seharga Rp 3,34 kuadriliun. 3,34 kuadriliun berarti sama saja dengan 3.340 triliun rupiah ( 3.340.000.000.000.000). 

 

Facebook sendiri dibuat pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg bersama rekannya yang bernama Eduardo Saveirin. Baru saja 6 bulan dibuat, Facebook sudah membuat Mark mendapatkan 13 triliun. Mark pun langsung menjadi pemuda nomor 1 paling kaya di dunia. Saat ini harta Mark sudah lebih dari 300 triliun jika dirupiahkan.

 

 

Harta Mark Zuckerberg sudah lebih dari 300 triliun Rupiah

Tahun ini market saham Facebook telah mencapai $250 miliar pada perdagangan di bursa saham Amerika Serikat. Itu artinya saham Facebook mencapai USD 90,1 per saham. Angka ini sangatlah tinggi, saham perusahaan pada umumnya hanya mencapai $3 per sahamnya. 

 

 

Bursa saham Amerika "Nasdaq"

Facebook juga telah berhasil menjadi anggota dari Standard & Poor's 500 Index yang berhasil mencetak rekor valuasi USD 250 miliar dengan waktu tercepat (3 tahun). Sebelumnya saham Google juga pernah mencapai rekor valuasi tercepat, tetapi dalam waktu 8 tahun.

 

 

"Saham Facebook berhasil mencapai USD 250 miliar dalam waktu hanya 3 tahun"

 

 

Walaupun Facebook tidak mencapai harga saham yang baik saat pertama kali ikut IPO (Initial Public Offering), perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini tetap berjaya pada akhirnya. Saham Facebook juga pernah anjlok ke level USD 29,8 per saham (turun sekitar 26% pada harga saham waktu itu).


Ada beberapa faktor yang menyebabkan sahamnya anjlok saat itu, seperti : kesalahan teknis bursa saham Nasdaq, IPO Facebook yang telat 30 menit sehingga investor merugi, dan proyeksi keuntungan Facebook yang dipangkas pada tahun 2014.

 

 

Budget yang terbatas menyebabkan saham Facebook anjlok

Saham Facebook kembali meroket sejak perusahaan ini membeli Whatsaap di tahun 2014. Selain itu Facebook juga mendapatkan tambahan dari pendapatan iklan sebesar 46% per Maret 2015 lalu. Pendapatan iklan ini sangat berpengaruh terhadap meroketnya saham.


Saham perusahaan raksasa sosial ini diperkirakan akan terus naik. Ramalan ini tentunya membuat harapan para investor semakin optimis, mengingat prospek keuntungan Facebook akan berlangsung lama di masa depan. 



"Prospek keuntungan Facebook akan berlangsung lama"

 

 

Masih banyak pemicu lain yang menyebabkan saham Facebook terus meroket. Salah satunya disebabkan oleh proyek asisten digital Facebook yang disebut dengan moneypenny. Asisten digital ini dapat menguntungkan pengguna di masa depan berkat jenisnya yang berupa messenger layaknya Whatsapp. 



 

Moneypenny milik Facebook

Moneypenny terbukti sangat bermanfaat berkat kecanggihannya dalam menemukan informasi, melakukan pembelian, dan melaksanakan tugas sulit lainnya. Saat ini Moneypenny tengah digunakan secara internal oleh Facebook dalam tahap ujicoba. 

1 comment:

  1. semua itu kalau punya illmunya gampang kkok :) ,n takdir :D
    :D

    ReplyDelete