Makanan Food Court Mal Elit Kelapa Gading Mengandung Boraks Dan Rhodamin, Pertama Kali Di Mal !

Dengarkan musik sambil membaca berita


Salah satu mal elit yang paling tidak asing lagi bagi orang Jakarta khususnya Jakarta Utara yaitu Mal Kelapa Gading (MKG). Namun baru - baru ini BPOM DKI Jakarta melakukan sidak mendadak di kawasan food court mal elit tersebut pada tanggal 18 Mei 2015. 

 

Mereka mengambil 19 sampel makanan dari 18 tempat di kawasan food court tersebut, dan hasilnya 15 makanan terbukti aman untuk dikonsumsi tetapi sisanya terbukti mengandung boraks dan Rhodamin. 

 

Seperti diketahui boraks merupakan senyawa zat yang digunakan untuk mengawetkan kayu, membuat kaca dan gelas bahkan bisa digunakan untuk membuat pupuk. Boraks bila dikonsumsi dapat menyebabkan kanker dan sakit radang hati. 

 

Sedangkan Rhodamin yang biasanya tipenya disebut juga sebagai Rhodamin B digunakan untuk pewarna tekstil dan pembuatan kertas.

 

 

Boraks dalam wujud bubuk

BPOM menemukan Rhodamin B yang terkandung dalam kue mangkuk bewarna pink. Kabarnya kue mangkuk ini dijual di outlet food court yang cukup ramai. 

 

Boraks yang ditemukan BPOM DKI Jakarta terdapat dalam kue singkong, kue mangkuk putih, dan candil merah. 

 

Saat BPOM menanyakan penemuan zat berbahaya ini kepada penjual di food court MKG tersebut, ada yang mengaku tidak tahu menahu mengenai komposisi bahan makanan yang dijualnya karena ia juga membeli bahan dari orang lain. Tetapi ada juga yang mengaku bahwa mereka sengaja menambahkan boraks dan rhodamin agar lebih awet dan dapat menarik perhatian pengunjung.

 

 

Konsumen yang tertarik membeli segala bahan pangan

Banyak pengunjung mal elit yang tidak begitu memperhatikan komposisi makanan yang dibeli karena kebanyakan dari mereka berpikir bahwa tidak mungkin suatu makanan yang berbahaya dijual di dalam mal sebab harganya saja mahal. 

 

Hal inilah yang memberikan kesempatan kepada para pedagang nakal yang tujuannya hanya mencari uang, untung, dan kemakmuran tanpa memikirkan orang lain yang mengkonsumsinya.

 

Oleh karena itu, sebagai konsumen yang tidak bodoh kita harus bisa menentukan makanan / bahan makanan mana yang benar - benar aman, jangan hanya menentukan aman atau tidak amannya suatu makanan dari harganya saja.

 

 

Harga mahal tidak menjamin kualitas

Berita ini hanya memberitahu adanya penggunaan zat berbahaya di dalam food court mal elit. Bukan tidak mungkin adanya suatu restoran di dalam mal mana saja yang juga melakukan hal demikian, tetapi pastinya bukan restoran ternama. 

 

Yang paling penting selain menilai makanan dari segi kualitas dan harganya, kita juga harus mengetahui siapa penyedia / produsen dari makanan tersebut, apakah penyedianya restoran yang jelas dan sudah terkenal atau hanya sekedar restoran baru yang pemiliknya juga tidak jelas. 

 

Semoga artikel berita ini dapat memberikan informasi dan wawasan bermanfaat yang berguna bagi kesehatan kita semua.

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. nice info gan. jadi kita harus hati ya kalo makan di foodcourt elite

    ReplyDelete
  3. waduh dimana2 ada borak, gimana ini,,, terus kalo keluar jalan2 musti bawa bekal sendiri dunk

    ReplyDelete
  4. wah, kita harus lebih berhati hati dalam memilih makanan dong, banyak beredar begituan ..

    ReplyDelete
  5. wah ngeri juga ya gan, thanks infonya, untuk kedepan ane bakalan lebih berhati-hati lagi kalo jajan di mall

    ReplyDelete
  6. nice info gan kunjungi blog saya jg ya :) http://www.dramakorearomantis.com

    ReplyDelete
  7. dimana mana makanan borak semua -_-!

    ReplyDelete