Pesawat Boeing Take Off Vertikal 90 Derajat, unik dan ekstrem !

Dengarkan musik sambil membaca berita


Jika suatu pesawat komersial biasanya take off (lepas landas) dengan cara perlahan - lahan kemudian baru naik secara horizontal, pesawat yang satu ini langsung menanjak vertikal !. 

 

Pertama - tama pesawat tetap melaju di runway layaknya cara terbang normal, kemudian pesawat tiba - tiba naik secara vertikal baru setelah itu kembali terbang dengan posisi horizontal. 

 

Tetapi tenang saja, Pesawat Boeing 787 - 9 yang bisa mengangkut 300 penumpang ini sedang tidak dalam penerbangan komersial melainkan sedang dalam pertunjukkan Paris Air Show di Le Bourget Airport, Prancis. 

 

Acara ini diikuti oleh lebih dari 150 maskapai penerbangan dunia dan 200 ribu lebih pengunjung. Anda dapat melihat videonya sendiri di Youtube.

 

 

Suasana Paris Air Show 2015

Pihak Vietnam Airlines dan Boeing ikut membantu dalam atraksi ekstrem ini. Pesawat tersebut dipiloti oleh 3 orang pilot. Salah satu dari tiga pilot tersebut yang bernama Smith menyatakan bahwa ini hanyalah sebuah trik. 

 

" Pesawat yang saya piloti sebenarnya tidak benar - benar take off dengan sudut 90 derajat, itu hanyalah ilusi ", ujar Smith. 

 

Smith juga mengatakan bahwa pesawatnya hanya take off dengan sudut   kira - kira 20 derajat, Karena menurutnya 20 derajat saja sudah menimbulkan turblensi yang sangat kuat apalagi 90 derajat, tentunya pesawat akan langsung kehilangan kecepatan dan jatuh menghantam tanah.

 

 

Pesawat menghantam tanah akibat hilangnya Daya

Para pengunjung yang melihat atraksi ini secara langsung tentunya sangat berdebar - debar bahkan tidak sedikit yang bersorak - sorak keseruan. 

 

Bagi anda yang tidak melihatnya secara langsung, anda masih dapat melihatnya di Youtube. Menurut beberapa orang, Jika dilihat di Youtube pesawat ini memang benar - benar terlihat seperti menanjak tajam dengan sudut 90 derajat. 

 

Lain dengan yang melihatnya secara langsung, mereka masih dapat mengetahui bahwa pesawat itu tidak benar - benar 90 derajat melainkan hanya sedikit miring ke atas.

 

Banyak orang yang berpendapat bahwa hasil rekaman dan foto yang beredar mengenai atraksi pesawat tersebut sudah dimanipulasi. Ada juga yang berpendapat bahwa posisi kamera lah yang membuat ilusi tersebut. 

 

Jika dilihat seperti gambar di atas, memang sepertinya posisi kamera yang membuatnya terlihat seperti 90 derajat karena kamera tersebut diduga menempel dengan drone atau alat lainnya sehingga dapat mengambil gambar dari posisi atas.

13 comments: