MEMEX " Mesin Pencari Canggih Milik AS "

Dengarkan musik sambil membaca berita


Departemen pertahanan AS memiliki mesin pencari yang bernama MEMEX. Mesin pencari ini dapat mengindeks lebih dari 900 milyar web yang tidak dapat dijangkau oleh search engine biasa seperti GOOGLE, Yahoo, dan Bing yang hanya mampu mengindeks sekitar 5% dari seluruh web yang ada di dunia internet.

 

Website yang tidak terjangkau ini bagai dasar dari sebuah lautan yang dalam sedangkan web yang dapat dijangkau oleh GOOGLE hanyalah pada permukaan lautannya saja. 

 

MEMEX dikembangkan oleh lembaga riset AS "DARPA ( Defense Advance Research Project Agency ) " selama 1 tahun dengan tujuan untuk melacak situs - situs kriminal seperti situs perdagangan narkoba dan manusia.

EKSKLUSIF DAN INFORMATIF : KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GMAPS

 

 

Ilustrasi Deep Web


DARPA yakin bahwa tidak lama lagi MEMEX akan banyak digunakan oleh perusahaan - perusahaan teknologi dan lembaga hukum di Amerika. 

 

Saat ini MEMEX tengah diuji oleh lembaga hukum New York untuk menangkap pelaku perdagangan manusia yang sangat sulit diberantas. 

 

MEMEX merupakan singkatan dari Memory and Index. Sosok penting dari penemu MEMEX adalah Christhoper White yang merupakan seorang kepala DARPA. Chris sendiri sebelumnya mengerjakan proyek XDATA yang merupakan bagian dari inisiatif big data " proyek canangan Barrack Obama ". Chris White juga yakin MEMEX akan bisa digunakan oleh masyarakat jika terbukti bermanfaat.

 UDAH TAU BELOM ? : YOUTUBE KHUSUS ANAK AKAN DIBUAT GOOGLE

 

 

Christhoper White

Meskipun nantinya MEMEX benar - benar digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari - hari layaknya GOOGLE, bukan tidak mungkin peminatnya sangat banyak. 

 

Yang paling merasa dirugikan ketika hal ini terjadi yaitu para pelaku kriminal di Deep  Web yang selama ini tidak pernah dilacak maupun diindeks oleh GOOGLE, Bing dan Yahoo. 

 

Tetapi sebenarnya masyarakat yang diuntungkan juga dapat dirugikan apabila pemerintah AS melakukan mata - mata atau membocorkan data ke negara lain. Karena seperti diketahui, Amerika adalah polisi dunia.  

 

Perusahaan seperti Google saja bahkan dicurigai membocorkan data penggunanya setelah dibayar jutaan dollar tiap tahunnya, apalagi dengan MEMEX yang merupakan milik negara. Pasti kemungkinan dimata - matai atau dibocorkannya jauh lebih besar.

2 comments:

  1. wih keren mesin pencarinya sampai bisa mengindex 900 milyar web. tapi sayang namanya ituloh yang bikin salting

    ReplyDelete